Kesehatan

Asam Urat: Mengapa Memilih Obat yang Tepat Penting dalam Mengatasi Asam Urat

Kebanyakan asam urat dapat terjadi pada lansia. Ini karena kadar asam urat cenderung meningkat seiring bertambahnya usia. Kondisi ini sering dimulai pada sendi jempol kaki dan kemudian dapat berkembang ke kaki atau ke sendi tubuh lainnya. Ini ditandai dengan rasa sakit yang hebat yang biasanya datang dengan cepat, serta pembengkakan dan kemerahan di sekitar area yang terkena. Salah satu obat paling populer yang digunakan untuk mengobati kondisi ini adalah Allopurinol, yang menurunkan kadar asam urat dalam beberapa jam setelah meminumnya.

Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan Allopurinol untuk pencegahan asam urat, ada beberapa pertimbangan yang harus Anda lakukan: tekanan darah harus tetap terkendali karena tekanan darah tinggi telah dikaitkan dengan batu ginjal yang berhubungan dengan asam urat, dan harus dihindari oleh mereka yang memiliki penyakit asam urat yang parah. masalah hati atau ginjal. Allopurinol dapat menyebabkan efek samping seperti mual dan muntah, yang berarti Anda tidak boleh meminumnya jika Anda mual atau muntah, serta kesulitan bernapas setelah meminumnya.

Jika Anda ingin informasi lebih lanjut tentang Allopurinol, hubungi apotek setempat. Jika Anda ingin membeli obat ini segeralah pergi ke apotek dengan resep dokter. Harga Allopurinol 100 mg 1 strip di apotek cukup terjangkau.

Asam urat adalah produk yang terbentuk ketika tubuh memecah purin, yang merupakan zat yang dibentuk oleh aktivitas sel normal dalam tubuh. Asam urat sebenarnya dibuat ketika uricase (senyawa yang ditemukan di sebagian besar mamalia) memecahnya, meskipun manusia juga memproduksinya secara alami. Jika kadar ini menumpuk di dalam tubuh, dapat menyebabkan asam urat, suatu bentuk radang sendi yang biasanya terjadi ketika asam urat mengkristal di dalam persendian.

Ketika seseorang pertama kali didiagnosis dengan asam urat, dokter akan sering ingin memulai pengobatan sesegera mungkin untuk mencegah perkembangan lebih lanjut dari kondisi dengan mengobati gejala pasien dan menurunkan kadar asam urat. Di sinilah Allopurinol digunakan, ia memblokir enzim yang disebut Xanthine oxidase, yang sebenarnya membantu tubuh memproduksi asam urat secara alami. Tanpa enzim ini, kadar asam urat diturunkan dan dapat membantu mengobati asam urat sebelum menjadi lebih buruk.

Namun, peringatan bagi mereka yang menggunakan Allopurinol yang harus dihindari: minum obat ini bersama dengan obat lain tertentu dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Obat-obatan ini termasuk yang banyak digunakan seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) dan diuretik, yang sering diresepkan untuk mengobati masalah seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Jika Anda sedang mengkonsumsi obat lain, Anda harus berbicara dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi Allopurinol.

Selain itu, ada efek samping tertentu yang dapat terjadi saat Anda mengkonsumsi Allopurinol: beberapa individu akan mengalami mual dan muntah, serta perubahan pola pernapasan setelah minum obat. Efek samping ini memerlukan perhatian segera karena ini bisa menjadi tanda reaksi alergi dan kekurangan oksigen yang parah dalam darah Anda. Jika Anda mengalami masalah setelah mengkonsumsi Allopurinol, segera hubungi dokter Anda.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana Allopurinol dapat mengobati gejala asam urat atau membantu mencegah perkembangan kondisi ini di masa mendatang, hubungi apotek setempat Anda hari ini.