Rumah

Cara Membuat Septic Tank di Tanah Rawa, Efisien dan Efektif

septic tank

Tidak dapat dipungkiri tidak semua orang tinggal ditempat yang sama, perbedaan wilayah membuat beberapa orang tinggal pada daerah rawa. Dan selayaknya rumah pada umumnya pasti juga membutuhkan untuk dilengkapi dengan septic tank. Berikut ini akan dipaparkan mengenai cara membuat septic tank di tanah rawa, paling efektif dan tentunya juga efisien.

Begini Cara Membuat Septic Tank di Tanah Rawa, Yuk Simak!

Mengingat pembuatan septic tank di daerah tanah rawa cukup sulit daripada di dataran yang tinggi dan kering. Pasalnya dalam proses pembuatan lubang atau galian pasti akan cepat terisi air. Jadi, pembuatan septic tank ini akan merugikan pemilik karena area tersebut akan cepat penuh. Untuk mengatasi hal tersebut perhatikan ulasan berikut.

septic tank

1. Gunakan Bagan Pembuatan Septic Tank Khusus

Sudah bukan rahasia lagi, memang daerah rawa menjadi banyak perhatian para pengembang. Tidak hanya bagaimana membuat bangunan kokoh, namun juga terkait dengan septic tank. Adapun salah satu konsep yang dirasa lebih cocok untuk diterapkan di daerah rawa adalah dengan membuat dua bagian septic tank.

Bagian yang pertama untuk menampung kotoran. Sedangkan bagian yang lain dipergunakan untuk menampung resapan air. Dimana diantara keduanya nantinya dihubungkan dengan pipa.

2. Perhatikan Posisi Septic Tank dengan Kloset

Untuk bagan sistem cara membuat septic tank di tanah rawa yang harus diperhatikan yang pertama adalah kondisi atau letak kloset atau WC harus lebih tinggi dari kedua tangki septic tank. Kemudian kedudukan septic tank pertama yang digunakan untuk menampung kotoran juga harus lebih tinggi dari septic tank kedua, namun lebih rendah dari WC. 

Dan untuk septic tank kedua memiliki posisi yang lebih rendah dari WC dan septic tank pertama. Tentunya bagan seperti ini akan lebih pas jika diterapkan di daerah rawa atau daerah yang memiliki kepadatan penduduk cukup tinggi. Selain itu bagi yang rumahnya lebih rendah daripada selokan juga bisa menggunakan sistem seperti ini.

3. Pastikan Ukuran Pipa Tepat

Adapun untuk ketinggian pipa juga harus diperhatikan dengan baik. Untuk selisih antara pipa pembuangan harus sekitar 15 cm. Hal tersebut berlaku pada setiap pipa penghubung, misalnya antara dari WC ke septic tank pertama. Ataupun dari septic tank pertama ke septic tank kedua juga. 

Selain ketinggian yang perlu diperhatikan, juga jenis pipa yang digunakan harus berjenis PVC yang ukurannya besar. Hal ini bertujuan agar proses masuknya kotoran tidak terganggu. Serta menghindari adanya kasus WC yang tersumbat.

 

Keunggulan Pembuatan Bio Septic Tank di Tanah Rawa

Setelah membicarakan cara pembuatan septic tank, maka pengguna bisa menggunakan jenis septic tank dengan jenis  modern. Adapun jenis modern yang dimaksud adalah penggunaan bio septic tank alias Septic Tank biotech, maka akan mendapatkan banyak keunggulan.

Untuk keunggulan yang paling menonjol adalah produk ini lebih ramah lingkungan. Pasalnya kotoran atau limbah yang telah masuk dan diproses dalam septic tank ini tidak akan  menimbulkan aroma tidak sedap. Selain itu menghindari terjadinya pencemaran air tanah. Pada penggunaan septic tank konvensional tidak mampu menjamin bahwa limbah akan bersih dari kontaminan.

Pasalnya Hasil limbah daripada penyaringan yang dilakukan septic tank ini tidak menimbulkan aroma sehingga akan sangat aman jika ingin dibuang kelingkungan Namun, penggunaan teknologi biologis mampu mengatasi hal tersebut. Karena bisa melakukan pencegahan penyerapan air ke dalam tanah. 

 

Demikian itu beberapa cara membuat septic tank di Tanah Rawa yang bisa dilakukan. Membicarakan pembuatan septic tank, jika pembaca tertarik untuk informasi terkait pembuatan septic tank biotech informasi lengkapnya ada bisa diakses di https://www.biotechno.co.id/septic-tank-bio/.