Kesehatan

Cara Menggunakan Dextral Forte dengan Benar

Dekstrometorfan adalah salah satu obat batuk yang dijual di toko obat dan apotek. Obat ini umumnya digunakan untuk pengobatan batuk kering serta hidung tersumbat akibat flu, tetapi bisa juga digunakan untuk mengontrol rasa sakit. Namun, Dekstrometorfan memiliki efek samping yang dapat berakibat serius. Efek samping yang paling berbahaya dari obat ini adalah sesak napas, gangguan kecemasan atau gelisah. Cara terbaik untuk menggunakan dekstrometorfan dengan benar adalah dengan hati-hati dan hanya jika diperlukan.

Dekstrometorfan tersedia dalam berbagai bentuk: tablet (pereda batuk), sirup cair (pereda batuk), tablet hisap (pereda batuk), dan gelcaps (pereda nyeri). Penggunaan Dekstrometorfan yang disarankan adalah untuk mengobati batuk tidak lebih dari tiga hari, tetapi dapat digunakan dengan aman hingga tujuh hari dalam beberapa kasus. Obat ini mungkin juga efektif untuk mengendalikan rasa sakit jika dikonsumsi dengan asetaminofen atau ibuprofen.

Dextrometorfan banyak dijual dipasaran termasuk di toko obat dan apotek dengan harga terjangkau. Banyak merk dagang dengan kandungan Dextrometorfan, salah satunya yaitu Dextral Forte. Harga Dextral Forte dipasaran antara 8000 sampai 12000 rupiah per strip.

Dextral Forte adalah obat yang dapat digunakan untuk mengontrol rasa sakit bila dikonsumsi dengan asetaminofen atau ibuprofen. Ketika seseorang meminum obat ini, ia akan mulai menekan batuk yang disebabkan oleh penyakit pernapasan. Ini, pada gilirannya, akan membantu memudahkan orang tersebut untuk bernapas kembali, dan obatnya juga akan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh batuk.

Karena efek samping yang berpotensi berbahaya dari obat ini, penting bagi pengguna untuk tidak mengkonsumsi lebih dari dosis yang sudah dianjurkan dan jangan mengkonsumsi Dextral Forte lebih dari tujuh hari. Overdosis pada obat ini bisa berakibat fatal dan jika pengguna mengonsumsi lebih dari 60 mg per hari untuk jangka waktu yang lama, dia bisa berisiko mengalami efek samping yang serius.

Dextral Forte dapat menyebabkan efek samping. Inilah alasan mengapa beberapa orang tidak ingin menggunakannya untuk batuk mereka. Efek sampingnya buruk termasuk mual, muntah, pusing, sakit kepala, sakit perut, dan mengantuk. Hati-hati dengan ini saat Anda menggunakan obat batuk Dextral Forte. Hubungi dokter Anda jika Anda mengalami demam tinggi, kesulitan buang air kecil, batuk yang semakin parah atau berlangsung lebih dari tujuh hari, atau jika Anda merasa sesuatu yang buruk akan terjadi karena Anda mengkonsumsi Dextral Forte.

Jika Anda menggunakan obat ini dan Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang penggunaannya dengan aman dan efektif, pastikan untuk menghubungi dokter Anda sebelum meminumnya.

Jika obat ini diminum dengan benar, seharusnya tidak ada alasan untuk efek samping yang berbahaya terjadi. Ada juga beberapa nama merek berbeda yang tersedia jika satu jenis tidak sesuai dengan selera atau kebutuhan Anda. Cara terbaik untuk menggunakan Dekstrometorfan dengan aman adalah dengan hati-hati dan hanya jika diperlukan.

Dextral Forte disarankan agar tidak digunakan untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang apakah Dextromethorphan aman untuk digunakan anak Anda atau tidak, pastikan untuk menghubungi profesional medis sebelum memberikannya kepada mereka.