Bisnis

Daftar Lengkap UMR Jogja Terbaru 2022

Sama halnya dengan pemerintah daerah pada umumnya. Setiap akhir tahun gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono juga menetapkan upah minimum bagi para buruh/pekerja. Hal itu sengaja dilakukan untuk mensejahterakan masyarakat. Lantas berapa besaran UMR Jogja? Tidak semua orang paham akan hal semacam ini.

 

Apakah Upah Minimum Kota Jogja 2022 Mengalami Peningkatan?

Bagi kalangan pekerja atau buruh informasi mengenai seputar gaji UMR Jogja sangat ditunggu-tunggu. Tepatnya pada tanggal 19 november 2021 Sri Sultan Hamengkubuwono telah menetapkan upah minimum untuk wilayahnya. Dimana jumlah nominalnya naik 4,3%.

Aturan tersebut mengacu pada keputusan Gubernur Daerah istimewa Yogyakarta nomor 372/KEP/2021 tentang penetapan upah minimum provinsi tahun 2022. Di dalam surat itu ditetapkan besar UMR Jogja ialah 1.840.915,35. Itu artinya jumlahnya naik Rp 75.915,5.

Pada aturan tersebut gubernur juga menegaskan kepada pengusaha dilarang membayar gaji dibawah UMR. Tidak hanya itu para pelaku usaha juga diminta tidak melakukan penangguhan pembayaran upah minimum. Hal itu sengaja dilakukan untuk mensejahterakan rakyatnya.

Rincian Lengkap Jumlah UMK Kota Jogja 2022

Untuk memastikan kesejahteraan rakyatnya terjamin. Sri Sultan Hamengkubuwono juga menerbitkan keputusan Gubernur DIY nomor 373/KEP/2021 tentang penetapan Upah Minimum kabupaten atau kota. Sedangkan untuk rincian jumlah antar wilayahnya berbeda-beda.

Di mana kota Yogyakarta menjadi wilayah yang mengalami peningkatan Gaji tertinggi. Sementara untuk UMK terendah jatuh kepada kabupaten Gunungkidul. Untuk informasi lebih rincinya tentang upah minimum DIY silakan baca tabel di bawah ini.

Kabupaten/kota   

Besaran UMR

Kota Yogyakarta

Rp 2.153.970

Sleman

Rp 2.001.000

Bantul

Rp 1.916.848

Kulon Progo

Rp 1.904.275

Gunung kidul

Rp 1.900.000

Setelah membaca tabel diatas. Dapat disimpulkan bahwa setiap wilayah yang ada di Yogyakarta Baik kota maupun kabupaten mengalami peningkatan upah minimum. Meskipun jumlahnya tidak tinggi, tetapi tetap bisa digunakan untuk mensejahterakan rakyatnya.

Dengan kenaikan UMR Jogja tersebut. Pemerintah berharap agar masyarakatnya mampu memanfaatkan secara optimal kenaikan upah itu untuk membuat kehidupannya lebih baik. Maka dari itu secara tidak langsung bisa menstabilkan perekonomian wilayahnya.

Sumber: gajiperbulan.com