Teknologi

Inilah Jenis Bluetooth Jika Dilihat dari Segi Versinya

Perlu kamu ketahui bahwa bluetooth adalah sebuah teknologi jenis wireless atau nirkabel atau tanpa kabel. Teknologi ini dikembangkan oleh Bluetooth Special Interest Group.

Pada dasarnya fungsi dari bluetooth adalah untuk memindahkan suatu data dari satu perangkat ke perangkat lainnya tanpa menggunakan bantuan dari sebuah kabel. Secara umum jarak yang dibutuhkan oleh sebuah Bluetooth supaya tetap bisa terhubung adalah antara 1 sampai dengan 100 meter.

Satu perangkat Bluetooth ini bisa terhubung hingga 7 perangkat sekaligus. Pada saat ini teknologi ini ditanamkan di beberapa perangkat seperti smartphone, laptop, dan lain sebagainya.

Berikut ini merupakan beberapa jenis Bluetooth yang didasarkan pada versinya.

1. Bluetooth 1.0 dan 1.0B

Bluetooth 1.0 dan juga 1.0B adalah versi Bluetooth awal yang mempunyai perkembangan yang bisa dibilang kurang baik. Hal tersebut karena terdapat banyak sekali masalah yang dimiliki oleh versi ini membuat pabrikan kesulitan untuk membuat teknologi ini dapat beroperasi di beberapa produk mereka. Dengan kata lain, teknologi Bluetooth pertama ini masih belum berhasil secara sempurna.

2. Bluetooth 1.1

Jenis Bluetooth ini hadir dari pabrikan yang sama dengan jenis Bluetooth versi 1.0 dan juga 1.0B. Selain itu, Bluetooth versi ini juga sudah mempunyai sebuah standar yang dinamakan dengan IEEE 802. 15. 1-2002.

3. Bluetooth 1.2

Jenis Bluetooth yang ketiga adalah versi 1.2 yang sudah mulai mempunyai banyak sekali keunggulan. Pada kenyataannya Bluetooth versi ini mempunyai kecepatan transmisi yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Kecepatan pada versi ini adalah hingga 721 Kbit per detik. Bluetooth versi ini juga dapat memungkinkan para penggunanya untuk bisa menemukan koneksi Bluetooth lain dengan lebih cepat.

Oke, jika kamu ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang berbagai perkembangan teknologi yang ada pada saat ini, kamu bisa mengunjungi situs teknologi terlengkap, yaitu caritekno. Ya, pada saat ini memang caritekno adalah sebuah situs teknologi terpercaya dan juga paling lengkap.

4. Bluetooth 2.0 + EDR

Dengan menggunakan teknologi yang dinamakan dengan Enhanced Data Rate atau yang lebih dikenal dengan sebutan EDR, Bluetooth jenis ini sudah mempunyai transfer data yang lebih cepat. Meskipun teknologi EDR ini mempunyai kecepatan hingga 3 Mbit per detik, akan tetapi data maksimal yang ada pada Bluetooth ini adalah 2,1 Mbit per detik.

5. Bluetooth 2.1 + EDR

3 tahun kemudian muncul versi terbaru dari Bluetooth 2.0 + EDR, yaitu versi Bluetooth 2.1 + EDR. Teknologi yang digunakan pada versi ini adalah SSP atau yang lebih dikenal dengan sebutan Secure Simple Pairing. Dengan dilengkapi menggunakan teknologi SPP, tentu saja pengalaman menggunakan Bluetooth akan menjadi semakin baik, terutama dalam hal pairing dan juka keamanannya.

Selain itu pada versi ini ada juga teknologi lain yang hadir, yaitu EIR atau yang lebih dikenal dengan Extended Inquiry Response. Dengan menggunakan teknologi ini memungkinkan sebuah perangkat Bluetooth untuk mengetahui informasi perangkat yang akan dihubungkan sebelum melakukan sebuah koneksi. Selain itu teknologi EIR ini juga bisa membantu perangkat dalam mengurangi konsumsi daya yang digunakannya.

6. Bluetooth 3.0 + HS

2 tahun kemudian muncul versi Bluetooth terbaru yaitu Bluetooth 3.0 + HS. Teknologi HS yang ada pada Bluetooth versi ini tentu saja meningkatkan kecepatan transfer dari Bluetooth versi ini.

HS adalah singkatan dari High Speed yang merupakan teknologi link 802.11. Selain itu, Bluetooth versi ini mempunyai fitur baru yang disebut dengan AMP atau yang lebih dikenal dengan sebutan Alternative MAC/PHY.