Pendidikan

Kenali Pengertian Musyawarah, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Manfaat

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, setiap individu tidak bisa lepas dari individu lainnya. Hal ini dikarenakan tak semua kegiatan dapat dilakukan secara sendirian. Terlebih lagi di dalam suatu organisasi atau kantor yang di mana dalam pengambilan keputusan harus dilakukan secara bersama-bersama. 

Berbicara soal organisasi, sebenarnya, hampir setiap orang pernah menjadi anggota organisasi, salah satunya adalah organisasi OSIS yang sering kita dengar saat masuk jenjang pendidikan SMP dan SMA. Sementara itu, dalam lingkungan terdekat kita, beberapa orang sudah masuk ke dalam organisasi yang mayoritas anggotanya anak  muda atau lebih dikenal dengan nama karang taruna. 

Supaya organisasi atau tim dalam suatu pekerjaan dapat berjalan dengan optimal, setiap keputusan yang diambil tentu tujuannya untuk kepentingan bersama. Apabila hanya untuk kepentingan beberapa individu saja, kemungkinan besar organisasi atau tim dalam pekerjaan tidak bertahan lama karena muncul suatu konflik. 

Keputusan yang diambil secara bersama-sama dan demi kepentingan bersama ini sering kita kenal dengan sebutan musyawarah. Benar sekali, musyawarah merupakan salah satu bentuk kegiatan yang mencerminkan demokrasi.

Oleh sebab itu, kegiatan musyawarah ini bisa dibilang memiliki banyak sekali manfaatnya, sehingga tak sedikit kelompok yang selalu melakukan musyawarah sebelum mengambil keputusan. Supaya lebih jelas, apa itu musyawarah, kamu bisa simak artikel ini sampai habis, ya. 

Pengertian Musyawarah

Kata “musyawarah” diambil dari bahasa Arab, Syawara yang di mana artinya berupa melakukan perundingan atau menyampaikan pendapat. Sementara itu, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), musyawarah adalah pembahasan bersama dengan maksud atau tujuan mencapai keputusan atas penyelesaian masalah atau bisa diartikan sebagai perundingan, atau perembukan. 

Dari pengertiang KBBI tersebut, maka dapat dikatakan bahwa musyawarah merupakan suatu perundingan yang biasanya berupa menyampaikan pendapat atau ide demi mewujudkan suatu keinginan. 

 

Tujuan Musyawarah

Diadakannya musyawarah bukanlah tanpa tujuan. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa tujuan dari musyawarah, yaitu:

1. Menjadi Solusi dalam Penyelesaian Suatu Masalah

Tujuan pertama dari musyawarah adalah sebagai solusi untuk menyelesaikan suatu masalah. Maka dari itu, sudah banyak organisasi atau tim dalam kantor melakukan kegiatan musyawarah demi menyelesaikan masalah yang sulit untuk diselesaikan. 

2. Dapat Mempererat Hubungan Setiap Individu

Tujuan kedua dari musyawarah adalah dapat mempererat hubungan setiap individu atau anggota musyawarah. Dengan hubungan yang semakin terjalin, maka komunikasi antar anggota akan tecipta lebih harmonis. 

 

Ciri-Ciri Musyawarah

Kegiatan perundingan atau perembukan ini memiliki ciri-ciri, diantaranya:

1. Setiap Keputusan yang Dibuat demi Kepentingan Bersama-sama

Musyawarah yang merupakan keputusan yang diambil secara bersama-sama, maka memiliki ciri berupa keputusan yang dibuat demi mewujudkan kepentingan bersam-sama. Dengan kata lain, keputusan yang diambil tidak berat sebelah atau hanya mementingkan individu atau golongan tertentu saja. 

2. Memberikan Kesempatan yang sama Terhadap Setiap Anggota Musyawarah

Dalam musyawarah, setiap anggotanya memiliki kesempatan yang sama dalam menyampaikan pendapat atau ide. Dengan semakin banyak ide yang disampaikan, maka solusi dari suatu permasalahan akan mudah ditemukan. 

3. Keputusan yang Dibuat bisa Diterima Hati Nurani dan Akal Sehat

Meskipun keputusan diambil secara bersama-sama, tetapi setiap keputusan yang diambil harus sesuai dengan hati nurani serta bisa diterima dengan akal sehat. Hal ini perlu dilakukan agar keputusan yang dibuat tidak merugikan orang lain. 

4. Keputusan yang Dibuat Mudah Dipahami

Keputusan yang diambil melalui musyawarah akan mudah dipahami, terutama bagi para anggota musyawarah. Dengan begitu, hasil keputusan dapat diterapkan dengan mudah juga, sehingga permasalahan dapat terselesaikan dengan cepat. 

5. Dalam Pengambilan Keputusan Mempertimbangkan Nilai-Nilai Moral

Keputusan dalam musyawarah ini selalu mempertimbangkan nilai-nilai moral yang sudah ada di dalam masyarakat itu sendiri. 

 

Manfaat Musyawarah

Pada dasarnya, ada banyak sekali manfaat setelah melakukan musyawarah. Berikut ini beberapa manfaat dari musyawarah. 

1. Melatih kebersamaan, sehingga komunikasi antar individu semakin terjalin dengan erat

2. Setiap keputusan yang diambil dapat dipertanggungjawabkan

3. Mengurangi terjadinya konflik karena mementingkan beberapa individu atau golongan tertentu

4. Solusi dari suatu permasalahan mudah untuk ditemukan

5. Bisa saling menghargai walaupun terdapat perbedaan pendapat

6. Melatih diri untuk bersikap adil

 

Demikian pembahasan tentang musyawarah, mulai dari pengertian musyawarah hingga manfaat dari musyawarah. Bagi sebagian orang mungkin terasa sulit ketika ingin melakukan musyawarah, tetapi jika sudah terbiasa melakukannya akan terasa lebih mudah. Oleh sebab itu, jangan mulailah melatih diri untuk terbiasa melakukan musyawarah.