Waduk Cengklik Park Boyolali, Destinasi Alam dan Rekreasi Menawan di Jawa Tengah

Waduk Cengklik, terletak di Boyolali, Jawa Tengah, merupakan sebuah destinasi wisata yang menawarkan kombinasi menarik antara keindahan alam dan fasilitas rekreasi.

Area ini dikelilingi oleh pemandangan pegunungan yang menakjubkan dan udara yang segar, menjadikannya lokasi yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman.

Waduk ini tidak hanya berfungsi sebagai sumber irigasi tetapi juga sebagai tempat kegiatan luar ruang seperti memancing, berperahu, dan bersepeda di sekitar jalur yang telah ditata rapi.

Dengan panorama alam yang indah dan suasana yang tenang, Waduk Cengklik menjadi oasis bagi mereka yang mencari pelarian dari kesibukan kota dan ingin menikmati keindahan alam yang asli dan tidak terganggu.

Pesona dan Keseruan Waduk Cengklik Park

Waduk Cengklik Park sebagai tempat Wisata Boyolali Terbaru dan cukup populer, menawarkan sejumlah wahana dan atraksi yang menjadikan tempat ini tujuan wisata yang menarik bagi pengunjung. Beberapa di antaranya meliputi:

1. Atraksi Menarik

Waduk Cengklik Park menyediakan atraksi Mandi Bola, Komidi Putar, dan Kereta Mini yang sangat disukai anak-anak. Atraksi ini tidak hanya untuk anak-anak, tetapi juga bisa dinikmati oleh pengunjung dewasa, menjadikannya kesenangan bagi seluruh keluarga.

2. Sinema VR

Pengalaman menonton di Bioskop Virtual Reality memberikan sensasi yang berbeda dibanding bioskop konvensional.

Pengunjung akan menggunakan kacamata VR yang membuat mereka merasa seolah-olah berada di dalam film yang diputar, memberikan pengalaman yang sangat imersif.

3. Berenang di Kolam

Waduk Cengklik Park dilengkapi dengan kolam renang yang sesuai untuk semua umur, termasuk kolam anak-anak yang dilengkapi dengan berbagai permainan air seperti ember tumpah dan seluncuran, serta kolam dewasa dengan kedalaman yang berbeda.

4. Mengambil Gambar

Tersedia berbagai spot foto yang menarik di Waduk Cengklik Park, termasuk replika landmark terkenal dari beberapa negara. Pengunjung dapat mengabadikan momen mereka di lokasi-lokasi foto yang menarik ini.

5. Jembatan Kayu yang Indah

Jembatan kayu di Waduk Cengklik menjadi tempat populer terutama pada akhir pekan, terutama pada sore hari. Saat air waduk surut, kawasan ini digunakan oleh warga sekitar untuk bertani atau berkebun.

Dari jembatan kayu, pengunjung dapat menyaksikan kegiatan sehari-hari para petani dan pemancing, memberikan pengalaman yang unik dan menenangkan selama kunjungan Anda ke waduk.

Cara Mengakses Waduk Cengklik di Boyolali

Waduk Cengklik Park berada di Dusun Gunungparan, Desa Ngargejo, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, hanya 4,3 kilometer atau sekitar 11 menit berkendara dari Bandara Internasional Adi Soemarmo.

Jika Anda berangkat dari pusat Kota Boyolali, perjalanan akan memakan waktu sekitar 30 menit atau sejauh 19 kilometer. Jika Anda memulai perjalanan dari Patung Arjuna Wiwaha, ikuti jalan utama menuju Kota Solo sejauh 12 kilometer.

Setelah sampai di pertigaan sebelum Gerbang Tol Colomadu, belok kiri ke Jalan Bangak-Simo dan terus mengikuti jalan tersebut hingga Anda menemukan pertigaan, lalu belok kanan masuk ke Jalan Raya Waduk Cengklik.

Untuk pengunjung yang datang dari arah Kota Solo, khususnya dari Stadion Manahan, ambil Jalan Adi Sucipto dan terus ke arah barat. Lewati De Tjolomadoe dan Tugu Makuto, kemudian belok kanan menuju Bandara Adi Soemarmo.

Di pertigaan lampu merah, belok kiri dan ikuti jalan tersebut melewati jalan di atas Tol Trans Jawa. Anda akan menemukan Waduk Cengklik Park di sebelah kiri jalan.

Baca Juga: Tempat Wisata di Salatiga Lagi Hits dan Instagramable, Wajib Dikunjungi!

Informasi Tarif Masuk dan Waktu Operasional Waduk Cengklik

Untuk mengakses berbagai fasilitas dan kegiatan di Waduk Cengklik Park, tiket masuk ditetapkan sebesar Rp 25.000 per orang, berlaku untuk semua usia. Jam operasional waduk ini berbeda antara hari biasa dan akhir pekan.

Pada hari biasa (weekdays), Waduk Cengklik buka dari pukul 08.30 hingga 18.00 WIB. Sementara itu, pada akhir pekan (weekend), jam bukanya diperpanjang dari pukul 08.30 hingga 21.00 WIB.

Dengan membayar harga tiket reguler, pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas seperti Kampung Sakura, Landmark Dunia, ratusan spot foto, Rumah Adat Nusantara, serta kolam renang atau waterboom. Selain itu, tiket juga mencakup akses gratis ke Waduk Cengklik itu sendiri.

Waduk Cengklik Park adalah destinasi wisata keluarga yang ideal dengan banyak wahana dan spot foto yang menarik. Informasi di atas diharapkan dapat bermanfaat bagi Anda yang berencana mengunjungi tempat ini.

Tinggalkan Balasan